Awug Sagu Mutiara Panjang & Pisang


Di rumah lagi banyak stok pisang...sampai mblenger nich nggak habis-habis. Lha masak Ibu mertua ku ngirim 1 tundun..hihi. Pisangnya baru metik matang pohon, jadi matangnya nggak barengan..sebagian matang..sebagian belum. Jadi nggak habis-habis..hihi. Udah aku bagi-bagi yang matang..masih banyak. Ya udah akhirnya sering aku rebus aja..jadi cemilan sehat. Tapi lama-lama bosan juga. Kemaren iseng aku campur waktu buat awug-awug sagu  mutiara panjang..hemm..enak juga jadinya. Ada khas aroma dan rasa pisang bercampur sagu...klop juga.

Sagu mutiara panjang, nama lainnya Pacar Cina kali ya..pokoknya yang bentuknya batangan kecil-kecil..biasa buat campuran kue hungkwe juga itu lho teman-teman. Rasanya kenyil-kenyil lembut. Jika di buat awug-awug enak sekali..pas berpadu dengan gurih kelapa yang agak muda. Cemilan sehat dan enak.

Awug-awug ini bisa di bungkus daun atau plastik juga bisa. Tapi aku lebih suka aroma daun. Bentuk nya bisa di bungkus segitiga, khas awug-awug...atau m,au di cetak lain sesuai selera bisa. Jadi nggak cuma tepung ketan yang bisa di buat awug-awug teman-teman..Pacar Cina ini juga bisa lho..dan rasanya enak sekali.

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman jika suka...:)
Awug-Awug pacar Cina dan Pisang

Bahan :
100 gram sagu panjang ( pacara Cina ), rebus hingga mekar
2 buah pisang raja atau kepok, potong kecil-kecil
75 - 100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
150 gram kelapa parut yang agak muda

Cara Membuat :
Campur semua bahan
Aduk rata
Cicipi hingga pas manis gurihnya sesuai selera, jika kurang manis tinggal tambah aja gula ya
Bungkus adonan bentuk sesuai selera
Kukus 30 menit

Subscribe to receive free email updates: