Resep Cake Kukus Lapis Coklat Keju

Resep Cake Kukus Lapis Coklat Keju

'If you cannot control your emotions
you cannot control your money'
~ Warren Buffet 


Menulis setiap rupiah pengeluaran ke dalam file excel merupakan kegiatan rutin harian yang saya lakukan sejak setahun belakangan ini, tepatnya sejak gaya hidup frugal benar-benar saya terapkan. Biasanya di pagi hari saya sempatkan untuk menyisihkan waktu selama lima menit untuk mengingat-ingat semua pengeluaran yang terjadi kemarin dan mencatatnya secara rinci di sebuah format yang saya buat sendiri sesuai keperluan. Saya akui menulis setiap belanja yang terjadi tidak lantas membuat kemampuan mengerem pengeluaran meningkat drastis, namun setidaknya list tersebut mampu membuat saya menelusuri pos-pos pengeluaran yang terlalu besar di setiap bulannya

Kesimpulannya, dari semua pos tersebut maka pengeluaran di makanan menjadi yang paling besar! Urusan mengerem nafsu makan ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan apalagi bagi si tukang jajan seperti saya. Cuaca yang dingin dan hujan melulu di Jakarta belakangan ini membuat weekend paling sedap dilewatkan dengan membaca buku sambil mengunyah sekantung keripik, atau sebatang coklat atau segepok kacang panggang pedas. Cuaca memang paling mudah untuk disalahkan, padahal biang kerok utamanya adalah nafsu yang susah untuk direm. Akibatnya mudah ditebak, selain badan yang semakin bertambah berat, hari ini saya dibuat melotot melihat total  'belanja jajanan' setelah dikalkulasikan. Jumlahnya bahkan lebih besar dari belanja bulanan di pasar Blok A untuk membeli sayur dan lauk pauk untuk sebulan. Tobat!  

Resep Cake Kukus Lapis Coklat Keju
Resep Cake Kukus Lapis Coklat Keju

Klik untuk baca selanjutnya...

Subscribe to receive free email updates: