Cara Dan Resep Masakan Vegetarian Gluten Sebagai Pengganti Daging

Resep Masakan Vegetarian dan Bahan yang Dibutuhkan Berikut ini merupakan bahan-bahan resep masakan vegetarian khususnya untuk membuat gulten yaitu:

Kurang lebih 9 mangkok tepung terigu
Gula secukupnya
Garam secukupnya
3 Mangkok air matang
Kecap
Berikut ini merupakan cara untuk membuat resep masakan vegetarian yang bisa anda lakukan, pastikan sesuai dengan step by step di bawah ini untuk hasil yang maksimal:

Resep Masakan Vegetarian dan Bahan yang Dibutuhkan

Langkah yang pertama adalah masukan tepung kedalam sebuah wadah besar, kemudian beri garam secukupnya sesuai dengan selera namun pastikan tak berlebihan. Setelah itu tuangkan air yang telah di sediakan sebelumnya sedikit demi sedikit sampai dengan adonan menjadi sangat kental. Kekentalan adonan ini sangat mempengaruhi tekstur dari gluten, jika ingin tekstur gluten yang kenyal maka cukup beri sedikit air, dan sebaliknya jika ingin tekstur gluten yang lembut maka beri banyak air.

Setelah itu, biarkan adonan selama kurang lebih 5 jam di tempat yang bersih sambil di tutupi kain basah. Jika sudah 5 jam, cuci adonan di bawah air mengalir sedikit demi sedikit sampai di dapatkan sarinya ataupun hasil yang berbentuk seperti karet. Cuci hingga air cucian jernih.

Setelah proses pencucian selesai, maka ambilah sari gluten dengan cara menggulung-gulung. Setelah sari gluten terkumpul, siapkan sebanyak 1/2 liter air, kemudian beri 1 sendok teh garam halus dan juga 3 sendok makan kecap. Aduk sampai terlarut kemudian rendam gluten ke dalam campuran bumbu tersebut selama semalaman.

Setelah proses perendaman gluten selesai, selanjutnya adalah rebus gluten berbumbu dengan air mendidih suhu sekitar 70-80 oC ataupun dengan api kecil selama kurang lebih 5-10 jam. Untuk proses perebusan ini bisa dilakukan sesuai dengan selera karena pada dasarnya makin lama proses perebusan dilakukan, makan akan makin baik kualitas serat yang bisa dihasilkan. Bahkan proses perebusan yang lama ini juga sangat menentukan tekstur gluten seperti daging asli loh.

Ketika proses perebusan telah selesai, maka dinginkan terlebih dahulu gluten yang di hasilkan. Kemudian goreng gluten dalam minyak mendidih, jangan terlalu lama, hanya sampai berwarna kecoklatan saja.

Setelah itu, gluten bisa disimpan dalam lemaripendingin dan gunakan kapan saja untuk memasak berbagai varian resep yang Anda inginkan.

Subscribe to receive free email updates: