Sambal Roa


Beberapa hari lalu aku posting tentang sambal roa, eh ada teman dari ternate..mba Tary nawarin Ikan Roa yang masih dalam bentuk ikan asap..wah senang banget rasanya. Biasanya taunya udah jadi sambal aja...di kirimi ikan Roa ini sama senengnya waktu dapat kiriman Oncom hahah.




Pokoknya bahagia itu jika bisa mencicipi bahan-bahan unik dari daerah lain tanpa harus ke sana hihi. Alhamdulillah punya banyak temen yang baik dan perhatian..jadi bisa mencicipi bahan-bahan yang unik ini.

Dan...ini dia hasilnya....Sambal Ikan Roa fresh from *wajan 😅😂 

Besok tinggal bikin Bubur buat sarapan 😋😋
Foto ikan roa asap tadi udah ku post ya di foto sebelumnya teman2, di foto step by step juga ada di bawah ini ya..mau buat videonya tadi, tapi lagi nggak bisa upload video hari ini..ngga jadi dech, jadi foto step by step dulu ya... 🙏🙏 

Oh ya yang mau coba, ikan roa asapnya banyak yang jual online kok..misal di tok ped ada 😊😊 
Ini resep sesuai selera aku ya teman-teman, ada yang pakai tomat, ada yang tidak, ada yang pakai terasi, ada yang tidak, aku sich pakai dan hasilnya sedep pol 😀😀 

Sambal Roa

Bahan :
20 ekor ikan roa asap, kupas kulitnya, ambil dagingnya aja. Karena ikannya aku cuci dulu tadi, aku sangrai sebentar biar kering dan mudah di blender , pakai blender kering ya.
Blendernya boleh alus, boleh agak kasar, selera aja...kalau aku suka masih ada tekture ikannya dikit, jadi sebagian halus, sebagian kasar 😅

Bumbunya banyakin bawang merah, kata temenku yang dari Manado.. biar sedep, aku ikutin dech..beneran sedep 😘😘 

Bumbu halus :
20 cabai rawit
10 cabai merah keriting
12 bawang merah
2 bawang putih
1 sdk teh terasi
2 tomat ukuran kecil, buang biji
Garam dan gula pasir sedikit atau sesuai selera masing2 ya

Setelah bumbu di haluskan di tumis hingga matang, pakai minyak agak banyak, masukkan ikan roa yang udah di blender, 2 daun jeruk, 1 batang serai, masak api kecil hingga meresap, jangan di tambah air ya, biar awet sambelnya, masaknya api kecil biar ngga gosong 😂
Koreksi rasa, dinginkan..baru masuk toples dech.. simpan di kulkas, sewaktu-waktu ngga ada lauk..bisa jadi lauk darurat 😅



Subscribe to receive free email updates: