Resep Bolu Pisang Coklat Super Pisang

Resep Bolu Pisang Coklat

Tahun lalu, saya membawa bibit pohon pisang dari rumah kakak saya, Mbak Wulan, di Batam. Beliau memiliki pohon pisang berukuran pendek namun ketika berbuah mampu mengeluarkan buah pisang hingga 12 sisir banyaknya. Buahnya besar-besar, gendut, dengan tekstur lembek mirip seperti pisang cavendish atau sun pride yang banyak dijual di supermarket. Kami mengira pisang ini memang satu jenis dengan cavendish, namun yang membedakan ketika telah matang maka kulit pisang tetap hijau seperti pisang ambon yang banyak dijual dipasaran. 

Kakak saya memiliki serumpun pohon pisang yang ditanam di tepian rumahnya. Tanah di pulau Batam memiliki tekstur yang keras, dan gersang, plus cuaca yang sangat panas, membuat rumpun pisang memiliki lingkar batang yang kecil. Walau begitu, tetap saja ketika berbuah maka jumlah buahnya tidak akan sanggup dihabiskan orang serumah sekalipun. Tiga buah baby pohon pisang lantas saya bawa pulang ke Jakarta, sempat dicegat sama petugas Garuda karena pembungkus yang panjang dan saya bawa ke kabin. Namun ketika dijelaskan bungkusan tersebut adalah pohon pisang yang bakalan luluh lantak jika dimasukkan ke bagasi maka mereka bisa mengerti. Jadilah si bibit pisang bermigrasi ke Ibukota. ^_^


Resep Bolu Pisang Coklat
Resep Bolu Pisang Coklat

Klik untuk baca selanjutnya...

Subscribe to receive free email updates: